Misteri Segitiga Bermuda: Gas Metana Penyabab Tragedi (#4)


Hilangnya sejumlah kapal dan pesawat terbang di segitiga bermuda telah memunculkan berbagai teori. Teori dajjal, alien, hingga lorong waktu sudah menjadi kepercayaan sebagian orang. Teori yang lain adalah munculnnya gas metana dari dasar segitiga bermuda. 


TONTON VIDEONYA



Di episode sebelumnya kita telah membahas kuburan kapal dan pesawat terbang di segitiga bermuda. Nah, kali ini kita akan membahas salah satu teori yang menjelaskan sebab hilangnya kapal dan pesawat terbang tersebut.

TEORI GAS METANA DI SEGITIGA BERMUDA

Teori gas metana ini dipublikasikan pertama kali pada tahun 1918 oleh Badan Penyelidik Amerika Serikat. Menurut Bill Dillon dari U.S Geological Survey, air bercahaya putih itulah penyebabnya. Pernyataan ini mungkin menjawab “cahaya aneh berkemilau di angkasa” yang ditulis oleh Columbus dalam catatannya. Selengkapnya dalam catatan itu, tertulis bahwa salah satu awak kapal Columbus saat berlayar melintasi perairan segitiga bermuda  mengatakan, “Aku melihat cahaya aneh berkemilau di cakrawala.”

Di daerah segitiga bermuda dan di beberapa daerah lain sepanjang tepi pesisir benua, terdapat "tambang metana". Tambang ini terbentuk saat gas metana menumpuk di bawah dasar laut. Setelah terkumpul banyak, maka gas itu akan menyebabkan tanah di dasar laut retak sehingga gas tersebut menyembur ke permukaan laut. Air yang dilalui gas ini mendidih sampai terlihat sebagai "air bercahaya putih yang berkemilau".

Sahabat inidia, menurut teori ini, gas metana yang menyembur ke permukaan laut itu berupa balon-balon gas raksasa yang mampu menelan sebuah kapal seukuran USS Cyclops.

Lalu mengapa regu penyelamat yang dikerahkan setelah terjadi kecelakaan di segitiga bermuda tidak menemukan sisa kecelakaan sama sekali? Seperti yang terjadi pada Kapal USS Cyclops yang sudah kami tuturkan di episode yang lalu. Jawaban yang diberikan oleh teori ini adalah: mungkin karena kapal yang menjadi korban itu tersedot pusaran air yang ditimbulkan oleh balon gas raksasa tersebut, dan jatuh ke dalam lubang bekas retakan di dasar laut, lalu tanah dan air yang semula naik ke atas kemudian mengendap lagi didasar laut, menimbun kapal dan seluruh muatannya.

Setiap kapal yang terperangkap di dalam balon gas raksasa itu akan langsung goyah dan tenggelam ke dasar lautan. Jika balon itu cukup besar dan memiliki kepadatan yang cukup, maka pesawat terbang pun bisa dihantam jatuh olehnya. Pesawat terbang yang terjebak di balon metana raksasa, berkemungkinan mengalami keruskan mesin karena diselimuti oleh metana dan segera kehilangan daya angkatnya.

SEBERAPA AKURAT TEORI INI?

Teori ini berhasil diuji coba di laboratorium dan hasilnya memuaskan beberapa orang, tentang penjelasan yang masuk akal seputar misteri lenyapnya pesawat-pesawat dan kapal laut yang melintasi wilayah tersebut. Semburan balon gas metana yang serupa juga pernah terjadi di laut Kaspia yang sudah banyak menelan anjungan pengeboran minyak.

Para Oseanograf yang menjelajah di dasar laut Segitiga Bermuda juga melaporkan menemukan banyak kandungan metana dan situs-situs bekas longsoran di dasar laut.

TAPI, APAKAH SEMUA KECELAKAAN DI SEGITIGA BERMUDA DISEBABKAN OLEH GAS METANA ITU?

Dalam laporan American Journal of Physics ditemukan hipotesis bahwa balon gas metana itu yang mengakibatkan sebagian kecelakaan di segitiga bermuda. Hipotesis dari laporan tersebut hanya menyebut sebagian, itu berarti tidak semua kecelakaan di segitiga bermuda disebabkan oleh balon gas tersebut.

Lalu, seberapa besar persentase kecelakaan di segitiga bermuda yang diakibatkan oleh gas metana ini? Apakah 50%? 20%? 10%? Atau ternyata teori ini salah?

KESIMPULAN

Teori gas metana ini muncul setelah dilakukan beberapa penelitian dan akhirnya ditarik sebuah kesimpulan seperti yang telah kami jelaskan di awal tadi. Namun, semuanya terserah sahabat mau memercayai teori ini atau tidak. Atau mungkin sahabat lebih percaya dengan teori istana iblis? Ya, semua itu kembali pada diri masing-masing.

SUMBER

http://www.apakabardunia.com/2011/02/teori-baru-gas-metana-penyebab.html?m=1
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Segitiga_Bermuda
http://m.antaranews.com/berita/215471/wah-misteri-segitiga-bermuda-terpecahkan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Misteri Segitiga Bermuda: Terungkap Menurut Al-Quran Dan Al-Hadis (Segitiga Bermuda #1)

Misteri Ukuran Tubuh Manusia Mulai dari Nabi Adam Hingga Sekarang, Mengapa Menyusut?

Misteri Pokemon Go yang Wajib Anda Ketahui